Selasa, 06 September 2011

TELEGRAF

Telegraf adalah sistem komunikasi yang menggunakan peralatan listrik untuk mengirimkan dan menerima sinyal sesuai dengan kode dalam bentuk pulsa listrik. Telegraf mengirimkan sinyal untuk jarak yang jauh melalui kabel-kabel.

Telegraf pertama kali ditemukan oleh Samuel Finley Breese Morse, peneliti Amerika tahun 1837 dan di Inggris pada tahun yang sama oleh seorang fisikawan Sir Charles Wheatstone yang bekerja sama dengan seorang insinyur Inggris Sir William F. Cooke.

Morse menggunakan kode-kode sederhana untuk mewakili pesan-pesan yang ingin dikirimkan dengan menggunakan pulsa listrik melalui kabel tunggal. Kode morse hanya bisa dikirimkan dengan baik sejauh 32 km. Untuk jarak yang lebih jauh, sinyal-sinyal yang diterima menjadi terlalu lemah untuk direkam, oleh karena itu dibangun peralatan relai disetiap kurang dari 32 km dari stasiun sinyal. Relai berfungsi untuk mengulangi sinyal yang diterima dan mengirimkannya kembali. Relai terdiri dari sakelar yang dioperasikan secara elektromagnetik.

Telegraf

Sinyal-sinyal yang dikirimkan oleh telegraf merupakan kode-kode sederhana yang mewakili pesan-pesan. Sinyal-sinyal dikirimkan dengan menggunakan pulsa listrik melaluo kabel tunggal. Kode-kode sederhana itu disebut dengan kode Morse, sesuai dengan nama penemunya.

Operator telegraf mengirimkan sinyal-sinyal menggunakan sebuat peralatan yang menginterupsi aliran listrik disebuah kabel. Sebuah peralatan dipenerima akan mengubah sinyal-sinyal menjadi rangkaian bunyi kedutan. Kemudian operator telegraf menerjemahkannya menjadi kata-kata. Pesan yang dikirimkan melalui telegraf disebut telegram.

Kode Morse adalah sebuah sistem pengiriman pesan yang menggunakan kombinasi suara panjang dan pendek dalam berbagai cara yang bervariasi untuk mengkodekan huruf-huruf, bilangan-bilangan, dan karakter-karakter yang lain. Suara pendek disebut dengan dit (.), dan suara panjang disebut dah (-).Sistem telegraf kemudian segera digunakan untuk bisnis yang membutuhkan pengiriman pesan secara cepat untuk jarak jauh, seperti surat kabar.

Telegraf kabel bawah laut pertama dibangun dibawah laut Samudra Atlantik tahun 1858.Walaupun sekarang sudah tidak digunakan lagi dalam komunikasi sehari-hari, kode morse masih tetap digunakan di dunia pelayaran, militer, dan kondisi darurat untuk meminta bantuan.

Kode Morse

Berikut adalah video tentang sejarah dari sebuah telegraf.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar